Kecanggungan Ketika Kembali Ke Sekolah

Keinginan untuk kembali melanjutkan studi setelah memiliki suatu pekerjaan yang tetap seringkali menghampiri para pekerja dengan alasannya yang beragam. Demi peningkatan karir atau untuk menambah kapasitas pribadi. Tetapi, rasa canggung acap kali menjadi batu sandungan ketika kembali berstatus mahasiswa dengan mereka yang usianya jauh lebih muda.

 Berikut sejumlah tips yang mungkin bisa membuat anda nyaman menjalani kembali masa studi yang telah lama ditinggalkan :

Mengatasi kecanggungan
Kembali ke bangku studi akan “menakutkan” bagi para pelajar dewasa, alias yang telah berusia. Terutama, jika teman sekelas tampak lebih muda dan lebih cerdas. Hal itu lumrah dirasakan. Hal terpenting adalah bagaimana mengatasi kecanggungan tersebut agar tidak sampai menghambat kesempatan belajar Anda.

Aturlah jadwal dengan realistis
Tak mudah memang kembali ke bangku studi setelah lama meninggalkannya. Apalagi, jika harus “disambi” bekerja. Aturlah jadwal studi sesuai dengan kondisi yang anda jalani. Rutinitas (jadwal) baru mungkin memiliki kesulitan di awal. Tetapi, jika bertahan, kesempatan untuk sukses pasti ada.

Carilah waktu luang
Kembali ke bangku sekolah menuntut anda untuk menyediakan waktu untuk mempelajari materi ajar, sempatkan waktu untuk mempelajari materi tersebut disela-sela waktu sibuk anda. Anda dapat menyisihkan lima atau sepuluh menit dari rutinitas sehari-hari untuk belajar dan membuat catatan khusus mengenai materi kuliah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Pelajari cara menghadapi ujian
Anda harus menggunakan sumber daya yang ada dan mempelajari strategi yang efektif ketika menghadapi ujian. Jangan ragu untuk mendekati pengawas ujian jika ada kebingungan atau memerlukan informasi ekstra yang dibutuhkan.

Belajarlah untuk mengatakan, “Tidak!”
Saat Anda harus bekerja sambil belajar, harus tegas dalam mengatakan, “Tidak”. Terutama, untuk hal-hal yang akan mengganggu alokasi waktu belajar Anda. Bagaimana pun, ketika berkomitmen untuk sekolah lagi, prioritas Anda adalah menyelesaikan pendidikan.

Sumber: http://pengajarplus.com/tips-tutorial-pendidikan-indonesia/1117-kecanggungan-ketika-kembali-ke-sekolah.html

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar